Headlines News :

.

.
Home » » contoh RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran)

contoh RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran)

Written By Maryono on Rabu, 08 Desember 2010 | Rabu, Desember 08, 2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                         : ................................
Kompetensi Keahlian              : Akuntansi
Mata Pelajaran                        :Mengoperasikan paket program pengolah angka/Spreadsheet
Kelas / Semesrter                    : XII / 5
Alokasi Waktu                        :  4 @ 45 menit
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan paket program pengolah angka /        
                                                  Spreadsheet
Kompetensi Dasar                   : Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah   
                                                  Angka
Indikator                                 : a. Komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan   
paket program pengolah angka disediakan
  b. Paket program pengolah angka siap diopearasikan.
  c. Sumber data yang akan diolah dengan program   
      pengolah angka disiapkan

I.                   Tujuan Pembelajaran:

Pertemuan 1  :
a. Peserta diklat dapat menyediakan komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan  
    paket  program pengolah angka disediakan
b. Peserta diklat dapat menyiapkan paket program pengolah angka.
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat menyiapkan sumber data yang akan diolah dengan program  
    pengolah angka .

II. Materi Pembelajaran :
a.  Pengenalan perangkat keras dan lunak komputer
b.  Pengenalan fitur-fitur yang ada pada MS Office
c.  Mengenal MS Office excel 2003 dan 2007.
d.  Mengenal fungsi-fungsi MS office excel yang relevan dengan akuntansi dan keuangan.
e.  Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan data-data untuk diinput kedalam  
     paket program  spreadsheet

III. Metode Pembelajaran : 
diskusi, tanya jawab, penugasan

IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

5 menit
Inti
- Menjelaskan pengertian prangkat  keras dan 
   perangkat lunak  komputer.
- Menjelaskan fitur-fitur yang ada  pada MS ofice.
- Menjelaskan dan mengenalkan MS office sebagai  
   pengolah angka
- Mengenalkan fungsi-fungsi MS office excel yang 
   relevan dengan akuntansi dan keuangan.

 55 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

30 menit
Pertemuan 2:
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

5 menit
Inti
- Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan 
  data-data untuk diinput kedalam   paket program  
   spreadsheet

 55 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

30 menit

V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2  Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5  Aplikasi DUDI

VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas

  

Mengetahui                                  Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah                           Guru Mata Diklat



..........................                          .............................
NIP.                                             NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Nama Sekolah                         : ................................
Kompetensi Keahlian              : Akuntansi
Mata Pelajaran                        : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas / Semesrter                    : XII / 5
Alokasi Waktu                        : 48 @ 45 menit
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan paket program pengolah angka /       
                                                  Spreadsheet
Kompetensi Dasar                   : Mengentry data
Indikator                                 : .a. Karakter sel diidentifikasi.
   b. Karakter data diidentifikas
   c. Data dientry sesuai dengan karakter sel.
   d. Hasil entry disesuaikan dengan sumber

I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 – 8 :
a. Peserta diklat dapat mengidentifikasi karakter sel
b. Peserta diklat dapat mengidentifikasi karaktr data
Pertemuan 9 - 24 :
a.Peserta diklat dapat mengentry data sesuai dengan karakter sel.
b.Peserta diklat dapat menyesuaiakan hasil entry dengan sumber

II. Materi Pembelajaran :
a. Mengidentiikasi kolom dan baris dalam excel
b. Menentukan jenis dan karakter data yang akan dientry kedalam spreadsheet
c. Entry data sesuai karakter sel.
d. Merancang formula/rumus entry data untuk disesuaikan dengan hasilnya.
e. Melihat kesesuaian hasil entry dengan sumber datanya,

III. Metode Pembelajaran : 
diskusi, tanya jawab, penugasan

IV. Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan 1 - 8 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan identifikasi data khusus sesuai dengan 
  kolom dan baris.
- Mengelompokkan jenis-jenis data yang akan diinput  
  kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan dan melakukan input data sesuai
  karakter sel.

180 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

510 menit

Pertemuan 9 – 24 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan cara pembuatan formula rumus untuk
   memudahkan proses entry data kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan kesesuaian hasil dengan sumber data
  dan inputnya.
390 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

1020 menit

V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2  Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5  Aplikasi DUDI

VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas

Mengetahui                                  Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah                           Guru Mata Diklat



..........................                          .............................
NIP.                                             NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                         : ................................
Kompetensi Keahlian              : Akuntansi
Mata Pelajaran                        : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas / Semesrter                    : XI / 4
Alokasi Waktu                        :  32 @ 45 menit
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan paket program pengolah angka /       
                                                  Spreadsheet
Kompetensi Dasar                   : Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program         
                                                      pengolah angka
Indikator                                 : a. Data diolah dengan rumus matematika
  b. Data diolah dengan rumus statistik
  c. Data diolah dengan rumus semi absolut, absolut dan  
      fungsi logika.
  d .Data diolah dengan menggunakan fungsi finansial
  e.  Data diolah dengan menggunakan fungsi datetime
  f.  Data diolah dengan menggunakan fungsi grafik.
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 - 8 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus matematika
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus statistik
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus semi absolut, absolut dan fungsi    
    logika.
Pertemuan 9 – 16 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi finansial
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi datetime
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi grafik

II. Materi Pembelajaran :
a. Memasukkan kalkulasi matematika seperti Autosum penghitungan otomatis dan  
    penghitungan matematika.
b  Memasukkan rumus-rumus statistic ( sum,average, max, min, count ) untuk melakukan
    entry data sesuai dengan keinginan.
c. Merancang dan menggunakan rumus semi absolut ( IF, OR, AND,NOT ) untuk
    memudahkan entry data..
d. Merancang dan memasukkan fungsi-fungsi financial untuk memudahkan entry data
    sesuai dengan hasilnya.
e .Memaksimalkanfungsi-fungsi date-time.
f. Mengolah data dengan fungsi-funsi grafik

III. Metode Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan

IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 8 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan fungsi-fungsi kalkulasi matematika  
   dalam penggunaan spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi-fungsi statistic dan aplikasi
   spreadsheet
- Menjelaskan rumus dan fungsi-fungsi semi absolut 
  dan fungsi-fungsi logika untuk memudahkan entry
  data.

180 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

510 menit

Pertemuan 9 - 16 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan fungsi-fungsi financial untuk entry data
   akuntansi dan keuangan.
- Menjelaskan fungsi-fungsi date-time dalam aplikasi  
   spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi-fungsi grafik untuk keperluan 
   olah data.
180 menit
Penutup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

510 menit

V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2  Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5  Aplikasi DUDI

VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas

Mengetahui                                  Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah                           Guru Mata Diklat



..........................                          .............................
NIP.                                             NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                         : ................................
Kompetensi Keahlian              : Akuntansi
Mata Pelajaran                        : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spradsheet
Kelas / Semesrter                    : XI / 4
Alokasi Waktu                        :  32 @ 45 menit
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan paket program pengolah angka /       
                                                  Spreadsheet
Kompetensi Dasar                   : Membuat laporan
Indikator                                 : a. Laporan dibuat dalam bentuk table.
  b. Laporan dibuat dalam bentuk gafik
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
a. Peserta diklat dapat membuat laporan dalam bentuk table
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat membuat laporan dalam bentuk gafik

II. Materi Pembelajaran :
a. Membuat laporan dalam bentuk table untuk keperluan berbagai solusi akuntansi dan
    keuangan serta bisnis.
b. Membuat laporan dalam bentuk grafik untuk memudahkan orang lain memahami laporan

III. Metode Pembelajaran : 
diskusi, tanya jawab, penugasan

IV. Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan 1 -8 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan cara penyusunan dan pembuatan laporan  
   spreadsheet dalam bentuk tabel untuk keperluan   
   akuntansi dan keuangan



180 menit
Pentup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

510 menit


Pertemuan 9 - 16 :
Tahap
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi

30 menit
Inti
- Menjelaskan cara penyusunan dan pembuatan laporan 
   spreadsheet dalam bentuk grafik untuk keperluan
   akuntansi dan keuangan
180 menit
Pentup
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran

510 menit

V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2  Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5  Aplikasi DUDI

VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas


Mengetahui                                  Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah                           Guru Mata Diklat



..........................                          .............................
NIP.                                             NIP.


Share this article :

0 komentar:

VISITOR

 
Support : Creating Website | rajawa01Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. TEKNOLOGI & INDUSTRI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template Download This Free Blogger Template