RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ................................
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran :Mengoperasikan paket program pengolah angka/Spreadsheet
Kelas / Semesrter : XII / 5
Alokasi Waktu : 4 @ 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan paket program pengolah angka /
Spreadsheet
Kompetensi Dasar : Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah
Angka
Indikator : a. Komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan
paket program pengolah angka disediakan
b. Paket program pengolah angka siap diopearasikan.
c. Sumber data yang akan diolah dengan program
pengolah angka disiapkan
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
a. Peserta diklat dapat menyediakan komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan
paket program pengolah angka disediakan
b. Peserta diklat dapat menyiapkan paket program pengolah angka.
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat menyiapkan sumber data yang akan diolah dengan program
pengolah angka .
II. Materi Pembelajaran :
a. Pengenalan perangkat keras dan lunak komputer
b. Pengenalan fitur-fitur yang ada pada MS Office
c. Mengenal MS Office excel 2003 dan 2007.
d. Mengenal fungsi-fungsi MS office excel yang relevan dengan akuntansi dan keuangan.
e. Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan data-data untuk diinput kedalam
paket program spreadsheet
III. Metode Pembelajaran :
diskusi, tanya jawab, penugasan
diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
5 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan pengertian prangkat keras dan
perangkat lunak komputer.
- Menjelaskan fitur-fitur yang ada pada MS ofice.
- Menjelaskan dan mengenalkan MS office sebagai
pengolah angka
- Mengenalkan fungsi-fungsi MS office excel yang
relevan dengan akuntansi dan keuangan.
|
55 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
30 menit
|
Pertemuan 2:
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
5 menit
|
Inti
|
- Mengidentifikasi, mengumpulkan dan menyiapkan
data-data untuk diinput kedalam paket program
spreadsheet
|
55 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
30 menit
|
V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5 Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
Mengetahui Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah Guru Mata Diklat
.......................... .............................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ................................
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas / Semesrter : XII / 5
Alokasi Waktu : 48 @ 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan paket program pengolah angka /
Spreadsheet
Kompetensi Dasar : Mengentry data
Indikator : .a. Karakter sel diidentifikasi.
b. Karakter data diidentifikas
c. Data dientry sesuai dengan karakter sel.
d. Hasil entry disesuaikan dengan sumber
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 – 8 :
a. Peserta diklat dapat mengidentifikasi karakter sel
b. Peserta diklat dapat mengidentifikasi karaktr data
Pertemuan 9 - 24 :
a.Peserta diklat dapat mengentry data sesuai dengan karakter sel.
b.Peserta diklat dapat menyesuaiakan hasil entry dengan sumber
II. Materi Pembelajaran :
a. Mengidentiikasi kolom dan baris dalam excel
b. Menentukan jenis dan karakter data yang akan dientry kedalam spreadsheet
c. Entry data sesuai karakter sel.
d. Merancang formula/rumus entry data untuk disesuaikan dengan hasilnya.
e. Melihat kesesuaian hasil entry dengan sumber datanya,
III. Metode Pembelajaran :
diskusi, tanya jawab, penugasan
diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 8 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan identifikasi data khusus sesuai dengan
kolom dan baris.
- Mengelompokkan jenis-jenis data yang akan diinput
kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan dan melakukan input data sesuai
karakter sel.
|
180 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 – 24 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan cara pembuatan formula rumus untuk
memudahkan proses entry data kedalam spreadsheet.
- Menjelaskan kesesuaian hasil dengan sumber data
dan inputnya.
|
390 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
1020 menit
|
V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5 Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
Mengetahui Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah Guru Mata Diklat
.......................... .............................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ................................
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
Kelas / Semesrter : XI / 4
Alokasi Waktu : 32 @ 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan paket program pengolah angka /
Spreadsheet
Kompetensi Dasar : Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program
pengolah angka
Indikator : a. Data diolah dengan rumus matematika
b. Data diolah dengan rumus statistik
c. Data diolah dengan rumus semi absolut, absolut dan
fungsi logika.
d .Data diolah dengan menggunakan fungsi finansial
e. Data diolah dengan menggunakan fungsi datetime
f. Data diolah dengan menggunakan fungsi grafik.
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 - 8 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus matematika
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus statistik
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan rumus semi absolut, absolut dan fungsi
logika.
Pertemuan 9 – 16 :
a. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi finansial
b. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi datetime
c. Peserta diklat dapat mengolah data dengan menggunakan fungsi grafik
II. Materi Pembelajaran :
a. Memasukkan kalkulasi matematika seperti Autosum penghitungan otomatis dan
penghitungan matematika.
b Memasukkan rumus-rumus statistic ( sum,average, max, min, count ) untuk melakukan
entry data sesuai dengan keinginan.
c. Merancang dan menggunakan rumus semi absolut ( IF, OR, AND,NOT ) untuk
memudahkan entry data..
d. Merancang dan memasukkan fungsi-fungsi financial untuk memudahkan entry data
sesuai dengan hasilnya.
e .Memaksimalkanfungsi-fungsi date-time.
f. Mengolah data dengan fungsi-funsi grafik
III. Metode Pembelajaran : diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 8 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan fungsi-fungsi kalkulasi matematika
dalam penggunaan spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi-fungsi statistic dan aplikasi
spreadsheet
- Menjelaskan rumus dan fungsi-fungsi semi absolut
dan fungsi-fungsi logika untuk memudahkan entry
data.
|
180 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 - 16 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan fungsi-fungsi financial untuk entry data
akuntansi dan keuangan.
- Menjelaskan fungsi-fungsi date-time dalam aplikasi
spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi-fungsi grafik untuk keperluan
olah data.
|
180 menit
|
Penutup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
510 menit
|
V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5 Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
Mengetahui Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah Guru Mata Diklat
.......................... .............................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ................................
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Mengoperasikan paket program pengolah angka/spradsheet
Kelas / Semesrter : XI / 4
Alokasi Waktu : 32 @ 45 menit
Standar Kompetensi : Mengoperasikan paket program pengolah angka /
Spreadsheet
Kompetensi Dasar : Membuat laporan
Indikator : a. Laporan dibuat dalam bentuk table.
b. Laporan dibuat dalam bentuk gafik
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1 :
a. Peserta diklat dapat membuat laporan dalam bentuk table
Pertemuan 2 :
a. Peserta diklat dapat membuat laporan dalam bentuk gafik
II. Materi Pembelajaran :
a. Membuat laporan dalam bentuk table untuk keperluan berbagai solusi akuntansi dan
keuangan serta bisnis.
b. Membuat laporan dalam bentuk grafik untuk memudahkan orang lain memahami laporan
III. Metode Pembelajaran :
diskusi, tanya jawab, penugasan
diskusi, tanya jawab, penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1 -8 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan cara penyusunan dan pembuatan laporan
spreadsheet dalam bentuk tabel untuk keperluan
akuntansi dan keuangan
|
180 menit
|
Pentup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
510 menit
|
Pertemuan 9 - 16 :
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Membuka pelajaran
- Pretes
- Apersepsi dan motivasi
|
30 menit
|
Inti
|
- Menjelaskan cara penyusunan dan pembuatan laporan
spreadsheet dalam bentuk grafik untuk keperluan
akuntansi dan keuangan
|
180 menit
|
Pentup
|
- Menyimpulkan materi
- Latihan soal
- Menutup pelajaran
|
510 menit
|
V. Alat, bahan dan sumber belajar :
1. Modul
2 Buku referensi
3. SOP DUDI
4. SAK
5 Aplikasi DUDI
VI. Penilaian :
1. Tes tertulis.
2. Tes lisan
3. Tugas
Mengetahui Bekasi,.......,........
Kepala Sekolah Guru Mata Diklat
.......................... .............................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar